Rabu, 29 April 2015

SOPO KANG NANDUR BAKALE NGUNDUH




Falsafah jawa ini sangat dalam maknanya, bagi kita. Ketika kita sadar adanya hukum alam yang tidak mungkin kita mampu menghindarinya. Hukum alam itu diantaranyaada siang pasti ada malam, ada senang pasti ada susah, ada sakit pasti ada sehat, ada laki-laki pasti ada perempuan dan lain sebagainya, yang diantara hukum alam yang lainnya adalah falsafahn jawa yang saya coba tulis “ sopo kang nandur bakale ngunduh”. Yang artinya siapa yang menanam pasti akan memanennya.



Belajar dari arti falsafah tersebut mari kita merenumng sejenak untuk diri kita masing-masing bahwa kita hidup di dunia ini hanya sebentar ibarat hidup di dunia ini hanya sebatas orang yang mampir minum. Oleh sebab itu marilah hidup kita yang singakt ini , mari kita isi dengan banyak menanam, menebar benih-benih kebajikan dimuka bumi ini agar pada saat nanti kita memanennya sebagai bekal kita menghadapi pada sang pencipta.
Semoga kita dijadikan golongan oarang-orang yang selalu ingat akan kematian kita dan mudah-mudahan kita selalu menjadi orang yang gemar menebar benih-benih kebajikan pada sesama khususnya berbuat kebajikan pada sang pencipta. Semoga membawa berkah dan kebajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar